Langkah Praktis Mengembangkan Server Agen Pulsa Termurah

Diposting pada

Server Agen Pulsa Termurah

server agen pulsa termurah

Kamu saat ini jadi agen pulsa dan sudah memiliki banyak pelanggan? Apakah tidak terpikirkan untuk mengembangkan bisnis ini, misalnya, dengan membuat server agen pulsa sendiri agar keuntungan bisa lebih besar? Jika berminat, ada langkah praktis untuk mengembangkan server agen pulsa termurah.

Server agen pulsa merupakan perangkat komputer yang menghubungkan operator penyedia pulsa kepada pengecer atau langsung kepada pengguna pulsa. Bagi yang ingin mengembangkan server pulsa, berikut langkah-langkah praktis yang bisa dilakukan.

1. Persiapan Peralatan Server Agen Pulsa Termurah

Langkah pertama yang mengembangkan server agen pulsa termurah adalah dengan mempersiapkan peralatan yang diperlukan. Berbeda dengan ketika mulai menjadi agen pulsa, untuk mengembangkan server pulsa, banyak peralatan yang dibutuhkan.

Komputer Server Agen Pulsa Termurah

Kerja server agen pulsa itu berat dan terus menerus, sehingga dibutuhkan spesifikasi komputer yang mumpuni. Spesifikasi RAM, misalnya, disarankan untuk menggunakan di atas 1 GB. Hal ini karena ketika aplikasi server pulsa dijalankan membutuhkan banyak space RAM.

Software Pulsa

Software pulsa berfungsi seperti otak manusia, yakni mengatur perintah transaksi dari agen serta melaksanakan pengisian pulsa. Dari software inilah proses pengisian pulsa menjadi otomatis. Banyak pilihan software pulsa di pasaran, mulai yang murah hingga mahal, atau dari asli hingga bajakan.

Bahkan, saat ini software pulsa bisa di download secara gratis di internet. Namun, jelas software hasil download-an tidak aman dan rawan serangan virus. Untuk keamanan bisnis kamu, belilah software pulsa yang asli.

Modem Provider

Modem provider berfungsi sebagai pintu masuk SMS. Dalam modem ini akan ditanami beberapa chip dalam setiap operator seluler. Dengan kata lain, modem ini berfungsi menghubungkan setiap chip operator kedalam komputer yang telah disiapkan sebelumnya. Dengan modem provider, kamu bisa mengaktifkan berbagai kartu operator dalam satu waktu.

Uninterruptible Power Supply (UPS)

Server agen pulsa harus dalam kondisi ON terus menerus, sehingga membutuhkan pasokan listrik yang sangat stabil. UPS adalah satu perangkat yang berfungsi seperti power bank pada ponsel. UPS sangat dibutuhkan untuk mengantisipasi adanya pemadaman listrik.

Tugas server pulsa adalah mengawasi pergerakan pulsa dari operator ke agen atau pengguna pulsa. Untuk itu, UPS sangat diperlukan sebagai alat untuk menyimpan daya sementara, sehingga ketika listrik mati, komputer tidak akan ikut mati, karena sudah ada arus listrik dalam UPS.

Aplikasi Pulsa

Aplikasi pulsa berfungsi untuk menghubungkan modem dan komputer. Selanjutnya, server agen pulsa akan menggunakan aplikasi ini untuk mengirim deposit pulsa ke setiap agen. Usahakan agar selalu menggunakan produk orisinil. Jangan tergoda menggunakan aplikasi hasil download, karena itu sangat tidak aman dan mudah terkena virus.

2. Sewa Jasa Pemasangan Server

Langkah kedua membangun server agen pulsa termurah adalah dengan menyewa jasa pemasangan server agen pulsa. Jika semua peralatan yang dibutuhkan untuk pengembangan server agen pulsa sudah siap, langkah selanjutnya adalah pemasangan peralatan server pulsa.

Meski kamu bisa memasang sendiri, namun disarankan agar tetap menyewa jasa profesional, mengingat pemasangan peralatan server pulsa cukup rumit dan perlu keahlian khusus. Saat ini, banyak jasa pemasangan server yang bisa ditemukan di internet.

Tentu, tidak hanya sampai selesainya pembangunan server agen pulsa. Setelah server pulsa selesai dibangun, kamu harus mempelajari secara lengkap tentang segala hal yang berkenaan dengan server pulsa.

Setiap perangkat software membutuhkan perawatan (maintenance) secara berkala, tak terkecuali perangkat server agen pulsa. Kamu juga harus bisa mengatasi kendala-kendala yang sewaktu-waktu muncul. Namun, jika tidak ingin repot, bisa juga menyewa jasa teknisi untuk secara berkala mengecek kondisi perangkat server pulsa kamu.

3. Menghitung Modal dan Keuntungan Transaksi

Membangun server agen pulsa membutuhkan biaya yang tidak sedikit, mengingat banyaknya peralatan yang dibutuhkan. Untuk pengadaan 1 unit komputer second, misalnya, senilai Rp2.5 juta. Untuk UPS baru biasanya seharga Rp350 ribu – Rp500 ribu/unit.

Yang paling mahal adalah untuk pengadaan software original yang mencapai kisaran Rp3 juta – Rp5 juta. Sehingga jika dihitung modal yang dibutuhkan untuk membuat server agen pulsa sederhana sekitar Rp8 juta– Rp10 juta.

Kamu jangan lihat besarnya modal yang dibutuhkan, namun lihat keuntungan yang akan didapatkan. Apalagi, yang akan dibuat adalah server agen pulsa termurah, sehingga akan ada banyak pelanggan baru yang ingin bekerjasama dengan agen pulsa yang baru kamu bangun ini.  Yang terpenting, dalam bisnis apapun, harus serius dijalankan.

Lantas, bagaimana dengan hitungan keuntungan transaksinya? Salah satu kelebihan dari server pulsa adalah harga modal yang dikeluarkan untuk melakukan deposit pulsa bisa lebih murah dibanding menjadi agen pulsa.

Misalnya, pulsa dengan harga Rp10 ribu, harga dari operator sekitar Rp9.800,dijual kepada agen pulsa seharga Rp10.000 – Rp10.200. Jadi ada keuntungan Rp200 – Rp400 sekali transaksi senilai Rp10 ribu. Jika dalam sehari kamu bisa menjual hingga 100 pulsa dari operator yang berbeda-beda, tentu keuntungan yang didapat akan semakin besar.

4. Tips Jadi Server Pulsa Sukses

Banyak hal yang perlu kamu ketahui ketika ingin membuat server agen pulsa termurah agar usaha bisa maju dan berkembang. Berikut beberapa hal yang perlu kamu lakukan.

  • SDM Jujur dan Kompeten

Dalam beberapa kasus, SDM menjadi penyebab tidak berkembangnya bisnis server pulsa. Tidak sedikit SDM – yang setelah direkrut – justru tidak jujur dan tidak kompeten, sehingga merugikan pemilik server pulsa. Selain terjadi penyelewengan, SDM juga tidak menguasai bidang pekerjaan yang diberikan.

SDM yang jujur dan kompeten serta menguasai sistem kerja operasional sangat dibutuhkan dalam bisnis ini. Sebab, server agen pulsa selalu berhubungan dengan sistem online yang membutuhkan SDM terampil dan profesional.

  • Cashflow Lancar dan Sehat

Apapun bisnis yang dijalankan, cash flow itu ibarat raja, “cashflow is a king”.  Demikian juga pada usaha server agen pulsa. Apalah artinya banyak transaksi jika cash flow-nya tidak lancar dan sehat, alias macet, hingga menyebabkan supply tidak bisa kontinyu.

  • Pengelolaan Inventori Tepat

Inventori harus dikelola secara tepat agar suplai bisa kontinyu. Ingat, jika salah mengurus inventori maka uang kamu akan macet di inventori. Jika itu terus terjadi, dalam kondisi terburuk, akan terjadi kebocoran akibat transaksi ilegal.

  • Mengelola Pelanggan secara Tepat

Dalam bisnis server agen pulsa termurah, kamu harus bisa memilih target pasar (pelanggan) yang sesuai dengan bisnis kamu. Salah memilih pelanggan berisiko penolakan dari calon pelanggan. Mengelola pelanggan perlu dilakukan secara tepat agar pelanggan tidak beralih ke server lain.

  • Mengelola Piutang secara Bijak

Memberikan piutang merupakan hal yang biasa dalam bisnis server pulsa untuk menarik pelanggan. Namun, mengelola piutang harus dilakukan secara bijak. Artinya, piutang bisa dilakukan selama bisa menaikkan transaksi. Namun, jika tidak meningkatkan transaksi, pemberian piutang sebaiknya dihindari.

Memulai memang sebuah pekerjaan paling sulit. Namun, ketika kamu sudah bisa memulai membuka server pulsa, langkah selanjutnya adalah mengelola secara profesional, seperti tersebut diatas, mulai persiapan hingga bagaimana meningkatkan dan mempertahankan transaksi.

Membangun server agen pulsa termurah akan memberikan keuntungan lebih besar karena langsung berhubungan dengan pihak operator pulsa. Mungkin ada kerabat atau sahabat berminat membuka bisnis server pulsa ini, share tulisan ini di medsos kamu agar lebih bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *